Rabu, 15 Mei 2013

Knowledge Sharing


Lecturer : Leon Abdillah



Knowledge Sharing adalah salah satu kajian dari terminologi ilmu khususnya di bidang Knowledge Management. Knowledge sharing merupakan kegiatan berbagi pengetahuan kepada orang lain. Pada hakikatnya setiap orang memiliki pengetahuan. Pengetahuan itu terkumpul dan tersimpan dalam dalam otak tiap individu atau yang disebut dengan sebuah repository. Pengetahuan tersebut dapat dibagi atau ditransfer kepada orang lain.


Why Knowedge Sharing ?

Tujuan utama Knowedge Sharing adalah untuk mendistribusikan konten yang tepat untuk orang yang tepat pada waktu yang tepat. Sistem ini harus memungkinkan kita dengan cepat dan efektif untuk menemukan informasi & keahlian yang relevan dan yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan & pemecahan masalah. Oleh karena itu, pengetahuan tacit berada dalam pikiran individu, mereka keterampilan, pengalaman, pertimbangan nilai. Individu seringkali merupakan sumber yang paling sulit untuk mendokumentasikan karena mereka merasa bahwa berbagi apa yang mereka ketahui akan membuat mereka diupgrade atau bahwa pengetahuan mereka pada setiap mata pelajaran yang diberikan adalah apa yang membuat mereka unik. Tantangan terbesar lain untuk KS adalah setiap kali karyawan meninggalkan pekerjaan mereka, mereka membawa apa yang mereka ketahui dengan mereka. Jika mereka berbagi pengetahuan tacit antara karyawan memastikan bahwa pengetahuan karyawan yang bersangkutan tinggal di sekitar lama setelah karyawan meninggalkan perusahaan.

Platforms of Knowledge Sharing

Berbagi pengetahuan (KS) telah menjadi bagian penting dari manajemen pengetahuan (KM). Tujuan utama KS adalah untuk mendistribusikan konten yang tepat kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat. Untuk mencapai tujuan ini masing-masing dari setiap organisasi harus banyak
mendistribusikan atau menyalurkan konten tersbut. Berikut beberapa plastformsnya

  1. Team Meetings
  2. Video Screening Sessions
  3. Training Programs
  4. Workshops / Seminars / Conferences

Knowledge Sharing Tools  
  1. Enterprise Resource Planning (ERP)\
  2. Content Management
  3. Document Management Tools
  4. Portals 
  5. Data Warehousing
  6. Web logs
  7. K-logs
  8. Wikis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi dan menulis komentar disini.


- Mitra Kesuma -