Rabu, 15 Mei 2013

Others Techniques to Capture Tacit Knowledge (KMS)



Metode Delphi adalah metode sistematis dalam mengumpulkan pendapat dari sekelompok pakar melalui serangkaian kuesioner, di mana ada mekanisme feedbackmelalui ‘putaran’/round pertanyaan yang diadakansambil menjaga anonimitas tanggapan responden (para ahli). (Foley, 1972).
Metode Delphi adalah teknik komunikasi terstruktur, awalnya dikembangkan sebagai metode peramalan interaktif yang bergantung pada sejumlah expert. (Harold A. Linstone, 1975)
Metode Delphi adalah modifikasi dari teknik brainwriting dan survei. Dalam metode ini, panel digunakan dalam pergerakan komunikasi melalui beberapa kuisioner yang tertuang dalam tulisan. Teknik Delphi dikembangkan pada awal tahun 1950 untuk memperoleh opini ahli. Objek dari metode ini adalah untuk memperoleh konsensus yang paling reliabel dari sebuah grup ahli. Teknik ini diterapkan di berbagai bidang, misalnya untuk teknologi peramalan, analisis kebijakan publik, inovasi pendidikan, program perencanaan dan lain – lain.

Ada banyak langkah-langkah metode Delphi menurut beberapa beberapa sumber diantaranya
     Langkah-langkah yang dilakukan dalam teknik ini adalah (Dermawan, 2004):
  1. Para pembuat keputusan melalui proses Delphi dengan identifikasi isu dan masalah pokok yang hendak diselesaikan.
  2. Kemudian kuesioner dibuat dan para peserta teknik Delphi, para ahli, mulai dipilih.
  3. Kuesioner yang telah dibuat dikirim kepada para ahli, baik didalam maupun luar organisasi, yang di anggap mengetahui dan menguasai dengan baik permasalahan yang dihadapi.
  4. Para ahli diminta untuk mengisi kuesioner yang dikirim, menghasilkan ide dan alternatif solusi penyelesaian masalah, serta mengirimkan kembali kuesioner kepada pemimpin kelompok, para pembuat keputusan akhir.
  5. Sebuah tim khusus dibentuk merangkum seluruh respon yang muncul dan mengirimkan kembali hasil rangkuman kepada partisipasi teknik ini.
  6. Pada tahap ini, partisipan diminta untuk  menelaah ulang hasil rangkuman, menetapkan skala prioritas atau memperingkat alternatif solusi yang dianggap terbaik dan mengembalikan seluruh hasil rangkuman beserta masukan terakhir dalam periode waktu tertentu.
  7. Proses ini kembali diulang sampai para pembuat keputusan telah mendapatkan informasi yang dibutuhkan guna mencapai kesepakatan untuk menentukan satu alternatif solusi atau tindakan terbaik.
      Sedangkan menurut Mansoer (1989:72) Ciri khas langkah-langkah proses teknik Delphi adalah sebagai berikut:
  1. Masalah diidentifikasikan dan melalui seperangkat pertanyaan yang disusun cermat anggota kelompok diminta menyampaikan kesimpulan-kesimpulannya yang potensial.
  2. Kuesioner pertama diisi oleh anggota secara terpisah dan bebas tanpa mencantumkan nama.
  3. Hasil kuesioner pertama dihimpun, dicatat dan diperbanyak dipusat (sekretariat kelompok).
  4. Setiap anggota dikirimi tembusan hasil rekaman.
  5. Setelah meninjau hasil, para anggota ditanyai lagi tentang kesimpulan-kesimpulan mereka. Hasil yang baru biasanya menggugah para anggota untuk memberi kesimpulan baru, malah ada kalanya mereka mengubah sama sekali kesimpulan pertama mereka
  6. Langkah ke-4 dan ke-5 ini diulangi sesering ia diperlukan,sampai tercapai satu konsensus.

Namun kami memilih Tahapan dalam Metode Delphi menurut Vanhoove, 2005 :
  1. Pendefinisian permasalahan
  2. Pemilihan anggota panel
  3. Persiapan dan pendistribusian kuesioner
  4. Analisis dan penarikan kesimpulan dari kuesioner pertama
  5. Memulai kuesioner tahap kedua
  6. Analisis dan penarikan kesimpulan dari kuesioner kedua
  7. Membangun kesimpulan akhir 

Kuisioner 1 (Delphi Method)
No
Questions
Answers
1
apakah investasi perusahaan di dalam knowledge management memperoleh keuntungan finansial bagi neraca perusahaan?

2
Apakah kinerja karyawan perusahaan lebih baik dan lebih berbagi?

3
Sudah baikkah hubungan perusahaan dengan pelanggan, prospeknya semakin meningkat, dan mendatangkan pelanggan baru sebagai akibat pelaksanaan knowledge management?

4
apakah saat ini perusahaan memiliki proses yang paling baik,
kapabilitas yang sangat berbeda, memampuan yang sangat hebat untuk
melakukan inovasi dengan lebih cepat daripada pesaing melalui
knowledge management?



kuisioner 2 (Delphi Method)
No
Questions
Answers
1
Bagaimana kita melihat para
pemegang saham dan mereka yang mempunyai kepentingan keuangan di
dalam organisasi?

2
bagaimana pelanggan memandang kita sebagai produk, servis, hubungan dan nilai tambah?

3
apa yang harus kita unggulkan jika harapan dari karyawan dan rekan usaha tercapai?


4
apa yang harus kita unggulkan jika harapan dari karyawan dan rekan usahatercapai? memampuan yang sangat hebat untuk melakukan inovasi dengan lebih cepat daripada pesaing melalui knowledge management?



Responden
No
Responden
Alasan
1






2






3





4






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi dan menulis komentar disini.


- Mitra Kesuma -