Metode Delphi adalah metode sistematis dalam mengumpulkan pendapat dari sekelompok pakar melalui serangkaian kuesioner, di mana ada mekanisme feedbackmelalui ‘putaran’/round pertanyaan yang diadakansambil menjaga anonimitas tanggapan responden (para ahli). (Foley, 1972).
Metode Delphi adalah teknik komunikasi
terstruktur, awalnya dikembangkan sebagai metode peramalan interaktif yang
bergantung pada sejumlah expert. (Harold A. Linstone, 1975)
Metode Delphi adalah modifikasi dari teknik brainwriting dan
survei. Dalam metode ini, panel digunakan dalam pergerakan komunikasi melalui
beberapa kuisioner yang tertuang dalam tulisan. Teknik Delphi dikembangkan pada
awal tahun 1950 untuk memperoleh opini ahli. Objek dari metode ini adalah untuk
memperoleh konsensus yang paling reliabel dari sebuah grup
ahli. Teknik ini diterapkan di berbagai bidang, misalnya untuk teknologi
peramalan, analisis kebijakan publik, inovasi pendidikan, program perencanaan
dan lain – lain.
Ada banyak langkah-langkah metode Delphi menurut
beberapa beberapa sumber diantaranya
Langkah-langkah yang dilakukan dalam teknik ini adalah (Dermawan, 2004):
- Para pembuat keputusan melalui proses Delphi dengan identifikasi isu dan masalah pokok yang hendak diselesaikan.
- Kemudian kuesioner dibuat dan para peserta teknik Delphi, para ahli, mulai dipilih.
- Kuesioner yang telah dibuat dikirim kepada para ahli, baik didalam maupun luar organisasi, yang di anggap mengetahui dan menguasai dengan baik permasalahan yang dihadapi.
- Para ahli diminta untuk mengisi kuesioner yang dikirim, menghasilkan ide dan alternatif solusi penyelesaian masalah, serta mengirimkan kembali kuesioner kepada pemimpin kelompok, para pembuat keputusan akhir.
- Sebuah tim khusus dibentuk merangkum seluruh respon yang muncul dan mengirimkan kembali hasil rangkuman kepada partisipasi teknik ini.
- Pada tahap ini, partisipan diminta untuk menelaah ulang hasil rangkuman, menetapkan skala prioritas atau memperingkat alternatif solusi yang dianggap terbaik dan mengembalikan seluruh hasil rangkuman beserta masukan terakhir dalam periode waktu tertentu.
- Proses ini kembali diulang sampai para pembuat keputusan telah mendapatkan informasi yang dibutuhkan guna mencapai kesepakatan untuk menentukan satu alternatif solusi atau tindakan terbaik.
Sedangkan menurut Mansoer (1989:72) Ciri khas langkah-langkah proses teknik
Delphi adalah sebagai berikut:
- Masalah diidentifikasikan dan melalui seperangkat pertanyaan yang disusun cermat anggota kelompok diminta menyampaikan kesimpulan-kesimpulannya yang potensial.
- Kuesioner pertama diisi oleh anggota secara terpisah dan bebas tanpa mencantumkan nama.
- Hasil kuesioner pertama dihimpun, dicatat dan diperbanyak dipusat (sekretariat kelompok).
- Setiap anggota dikirimi tembusan hasil rekaman.
- Setelah meninjau hasil, para anggota ditanyai lagi tentang kesimpulan-kesimpulan mereka. Hasil yang baru biasanya menggugah para anggota untuk memberi kesimpulan baru, malah ada kalanya mereka mengubah sama sekali kesimpulan pertama mereka
- Langkah ke-4 dan ke-5 ini diulangi sesering ia diperlukan,sampai tercapai satu konsensus.
Namun
kami memilih Tahapan dalam Metode Delphi menurut Vanhoove, 2005 :
- Pendefinisian permasalahan
- Pemilihan anggota panel
- Persiapan dan pendistribusian kuesioner
- Analisis dan penarikan kesimpulan dari kuesioner pertama
- Memulai kuesioner tahap kedua
- Analisis dan penarikan kesimpulan dari kuesioner kedua
- Membangun kesimpulan akhir
Kuisioner 1 (Delphi Method)
No
|
Questions
|
Answers
|
1
|
apakah
investasi perusahaan di dalam knowledge management memperoleh
keuntungan finansial bagi neraca perusahaan?
|
|
2
|
Apakah kinerja
karyawan perusahaan lebih baik dan lebih berbagi?
|
|
3
|
Sudah baikkah
hubungan perusahaan dengan pelanggan, prospeknya semakin meningkat, dan
mendatangkan pelanggan baru sebagai akibat pelaksanaan knowledge
management?
|
|
4
|
apakah saat
ini perusahaan memiliki proses yang paling baik,
kapabilitas
yang sangat berbeda, memampuan yang sangat hebat untuk
melakukan
inovasi dengan lebih cepat daripada pesaing melalui
knowledge
management?
|
|
kuisioner 2
(Delphi Method)
No
|
Questions
|
Answers
|
1
|
Bagaimana kita
melihat para
pemegang saham
dan mereka yang mempunyai kepentingan keuangan di
dalam
organisasi?
|
|
2
|
bagaimana
pelanggan memandang kita sebagai produk, servis, hubungan dan nilai tambah?
|
|
3
|
apa yang harus
kita unggulkan jika harapan dari karyawan dan rekan usaha tercapai?
|
|
4
|
apa yang harus
kita unggulkan jika harapan dari karyawan dan rekan usahatercapai? memampuan
yang sangat hebat untuk melakukan inovasi dengan lebih cepat daripada pesaing
melalui knowledge management?
|
|
Responden
No
|
Responden
|
Alasan
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih sudah mengunjungi dan menulis komentar disini.
- Mitra Kesuma -