CAPTURING TACIT KNOWLEDGE
Berdasarkan
Tema proyek kelompok kami, “Analisa dan Perancangan Knowledge
Management System pada PT. Multibreder Adirama Indonesia Tbk.”
(kelompok E) Maka kami MempersiapkaAn beberapa pertanyaan untuk membangun
kebutuhan proyek tersebut dan menerapkan knowledge management pada organisasi
tersebut..
1.
Interview
(wawancara)
Kami
membagi pertanyaan menjadi 2 sesi, 5 pertanyaan untuk menentukan jenisteknologi
dan alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk sistem knowledge management yang
akan diterapkan pada perusahaan tersebut.(berhubungan dengan kebutuhan
infrastruktur knowledge management.)
1.
Teknologi
apa yang harus dimiliki?
2.
Apakah
karyawan Anda dalam berbagi knowledge menggunakan basis website?
3.
Apakah
sistem knowledge management memerlukan saran dan teknologi yang lebih
luas untuk membantu karyawan menemukan, menjumlahkan, memaknai, dan menganalisa
data yang sangat banyak?
4.
Seberapa
rinci tingkatan sistem knowledge management untuk menangkap knowledge?
Seberapa padunya sistem pencarian, penyusunan, dan penemuan kembali yang akan
Anda masukkan sebagai komponen dari sistem knowledge management Anda?
5.
Apa
perlengkapan pengetahuan yang Anda akan gunakan untuk mengenali objek-objek knowledge?.”
6.
Bagaimana
langkah negosiasi bisnis secara umum?
7.
Apa
saja solusi yang diberikan saat ini dan bagaimana ekspektasi kedepannya?
8.
Apakah
ada proses evaluasi setelah mengerjakan suatu proyek?
9.
Apakah
informasi hasil evaluasi akan digunakan keperluan tertentu?
10. Apakah sudah ada standarisasi
pengarsipan dokumen atau file?
Selanjutnya ketika jawaban tersebut sudah di
dapatkan kami akan menilai apa saja knowledge yang sudah ada di dalam
perusahaan saat itu, dan menentukan fokus aktivitas knowledge management
serta mengidentifikasikan paling tidak lima sumber daya kunci knowledge yang
seharusnya mereka miliki (sistem knowledge yang sudah ada). Lalu menanyakan
pertanyaan di bawah ini :
1.
Bagaimanakah
persediaan knowledge yang
dimiliki pada perusahaan ini? Apakah meningkat atau menurun?
2.
Bagaimanakah
kita dapat memastikan bahwa persediaan knowledge terus-menerus
meningkat?
3.
Apakah
kita sudah menggunakan dengan baik sumber daya knowledge tersebut?
4.
Bagaimana
daya tahan aset knowledge yang kita miliki?
5.
Dapatkah
persaingan dengan mudah menyuburkan dan mengembangkan knowledge ini
tanpa ditiru?
6.
Adakah
aspek lain dari knowledge yang tengah dipersaingkan namun kita belum
miliki?
7.
Dapatkah
knowledge ini meninggalkan organisasi?
8.
Pada
tingkatan apa knowledge yang kita jamin saat ini memiliki keterkaitan
dengan produk, jasa atau proses?
2.
Questionairre
(Kuesioner)
No
|
Pertanyaan
|
Rating
|
Catatan
|
||||
1
Low
|
2
|
3
|
4
|
5
High
|
|||
1
|
Seberapa
tinggi Anda menilai Anda ketergantungan perusahaan pada data masa lalu pola untuk membuat keputusan di masa depan?
|
||||||
2
|
Dimana peringkat perusahaan anda dalam hal dimilikinya inti
pengetahuan (“Knowledge”) yang diperlukan ? |
||||||
3
|
Dimana peringkat perusahaan Anda dalam hal dimilikinya kemajuan pengetahuan yang diperlukan dalam industri
perusahaan Anda?
|
||||||
4
|
Dimana peringkat perusahaan Anda dalam hal kepemilikan atas
pengetahuan inovatif diperlukan dalam industri perusahaan Anda? Apakah pengetahuan ini membiarkan perusahaan Anda mengubah aturan dari permainan dan bersaing di pasar yang sama tanpa terlihat Ancaman kompetitif? |
||||||
Kepemimpinan dalam Knowledge
Management
|
|||||||
No
|
Pertanyaan
|
Rating
|
Catatan
|
||||
1
Less Likely
|
2
|
3
|
4
|
5
Most Likely
|
|||
5
|
Mengelola pengetahuan organisasi merupakan pusat asosiasi strategi
|
||||||
6
|
Asosiasi memahami potensial menghasilkan pendapatan
dari perusahaan aset
pengetahuan dan mengembangkan strategi untuk pemasaran dan penjualan
mereka |
||||||
7
|
Asosiasi menggunakan belajar
mendukung kompetensi inti yang ada dan membuat yang baru |
||||||
8
|
Individu dipekerjakan, dievaluasi
dan kompensasi atas kontribusi mereka untuk pengembangan organisasi pengetahuan
|
||||||
Organizational
and Cultural Context
|
|||||||
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
|||||
9
|
Apakah
struktur organisasi Anda perusahaan mampu
membuat intern pengetahuan transparan?
|
Ya,
karena ….
|
|||||
Ada
banyak departemen menyebar
tim, kelompok kerja, dll |
|||||||
Ada
hirarki datar dan karena itu cepat
aliran pengetahuan |
|||||||
Ada
pertemuan tim reguler untuk
bertukar informasi dan pengalaman |
|||||||
kerja
komunikasi-ramah
lingkungan telah dibangun |
|||||||
Lainnya (tuliskan) :
|
|||||||
Tidak, karena ….
|
|||||||
10
|
Apakah
karyawan perusahaan Anda memahami inti perusahaan Anda kekuatan kompetitif? Apakah mereka didorong untuk melakukannya? Apakah mereka diberikan
waktu untuk melakukannya? |
||||||
11
|
Apakah
perusahaan Anda tergantung pada pengetahuan dan
kompetensi sekitar nya:
- Orang-orang? - Proses? - Infrastruktur Teknologi? |
||||||
12
|
Apa hadiah perusahaan Anda -
kinerja tim atau kinerja individu? |
3.
Delphi Method (metode tambahan)
Metode tambahan
yang kami pilih adalah metode Delphi Method.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih sudah mengunjungi dan menulis komentar disini.
- Mitra Kesuma -